Seirei Gensouki Episode 1 Review

Has-mag e youkoso. Welcome to has-mag. Tempat pembahasan manga, anime, game, dan jejepangan lainnya. Kali ini saya akan review Seirei Gensouki episode 1. Anime ini merupakan salah satu isekai yang berasal dari light novel dan juga sudah mendapatkan dua kali adaptasi manga. Akan seperti apa kisah anime isekai yang satu ini?

Mohon maaf sebelumnya karena sudah sebulan lebih lamanya tidak ada post baru. Hal itu karena masalah kesehatan penulis akibat pandemi kali ini. Minta doanya karena kerabat penulis ada yang sedang mengalami perawatan di rumah sakit. Kembali ke animenya. Kali ini saya akan coba membagi pembahasan menjadi tiga bagian, Story, Opinion, dan Spoiler. Sesi Spoiler akan saya pecah ke post berikutnya karena halaman review terlalu banyak dengan adanya spoiler.

Story

Amakawa Haruto berjanji kepada teman masa kecilnya, Mii-chan. Bahwa mereka akan menikah suatu saat nanti dan hidup bersama selamanya. Janji tersebut mereka ciptakan karena Haruto akan pergi pindahan rumah. Saat mereka menginjak SMA, Haruto terkejut saat melihat Ayase Miharu (Mii-chan) sedang bersama dengan seorang pria yang tidak ia kenal. Namun hingga Haruto menginjak bangku kuliah, ia tidak pernah melihat Miharu lagi.

Suatu ketika saat ia sedang dalam bus menuju kampus, kendaraan yang ia tumpangi mengalami kecelakaan dan tertabrak kereta. Hal itu karena bus hilang kemudi dan menerobos palang kereta api. Kemungkinan besar antara remnya blong atau masalah pada ban. Karena tidak terlihat adanya penyebab lain seperti sopir mabuk dan sebagainya.

Haruto terkejut saat tiba-tiba dirinya terbangun dan telah berada dalam tubuh seorang bocah yang hidup dalam daerah kumuh. Rio kebingungan karena ia tiba-tiba mendapatkan ingatan Haruto saat ia berada di Jepang. Karena itulah terjadi penggabungan ingatan dan kepribadian antara Rio dan Haruto. Akhirnya Rio memutuskan untuk tidak memikirkan siapa dirinya saat ini dan lebih memilih untuk mencari makanan.

Seirei Gensouki Episode 1 Review

Rumah tempat dirinya berada ternyata memiliki penghuni yang lain. Mereka sedang gembira karena mendapatkan tugas mudah dengan bayaran yang mahal. Padahal tugas mereka hanya mengangkut sebuah barang. Meskipun mereka tahu isi barang tersebut pastinya berupa masalah, tapi mereka tetap mengambil pekerjaan tersebut.

*has-mag.com property*

Rio diusir karena bau badan menyebabkan penghuni yang lain tidak nafsu makan. Saat ia sedang membersihkan diri, terdapatkan kelompok bangsawan datang untuk mencari informasi darinya. Mereka sedang mencari seorang anak seumuran dirinya dan berambut pink. Rio menjawab dengan tegas kalau ia tidak mengetahui orang yang mereka cari.

Seirei Gensouki Episode 1 Review

Salah satu wanita dari kelompok tersebut, Celia. Menggunakan sihir untuk mencari orang tersebut. Karena sepertinya tidak banyak orang yang memiliki sihir di daerah kumuh sehingga pencarian mereka lebih mudah dengan sihir tersebut. Namun Celia yang tidak menemukan orang yang mereka cari, ia malah menyadari ternyata Rio memiliki kekuatan sihir.

Betapa kagetnya Rio saat melihat rumah tempatnya berada sebelumnya sudah penuh dengan mayat. Terdapat satu orang yang masih tersisa yaitu sang pembunuh menggunakan topeng. Ia juga berniat untuk menghabisi Rio, namun berkat ingatan Haruto serta bantuan dari sosok gadis misterius. Rio berhasil mengalahkan lawannya dan menyelamatkan sang putri yang ternyata dicari oleh Celia. 

Seirei Gensouki Episode 1 Review

Apa yang akan terjadi selanjutnya? apakah Rio akan mendapatkan imbalan? saksikan anime Seirei Gensouki untuk mengetahui jawabannya.

*has-mag.com property*

Opinion

Review Seirei Gensouki Episode 1 akan saya mulai. Segment ini saya hanya menyampaikan opini saya setelah menonton episode pertama dan menjelaskan beberapa hal yang muncul dalam episode pertama seri anime ini. Sebisa mungkin yang bebas spoiler. Penjelasan dengan Spoiler akan saya bahas dalam segment spoiler untuk post berikutnya.

Anime ini cukup menarik. Awalnya saya sudah cukup skeptis karena terdapat background isekai yang sudah tidak asing. Namun beberapa hal positif lain yang ada dalam anime ini membuat saya tetap betah untuk menonton anime ini dari awal sampai akhir. Beberapa poin tersebut akan saya bahas.

Pertama adalah ke isekai tidak dengan truk, tapi dengan kereta. Kalau kalian yang sudah menonton seri Mushoku Tensei maupun seri isekai anime lainnya. Biasanya tokoh utama ketabrak truk kun terlebih dahulu sebelum pergi ke isekai. Namun nasib yang menimpa Rio adalah kecelakaan ketabrak kereta saat sedang berada di bus. Ia juga tidak sedang mencoba menyelamatkan seseorang dari kecelakaan truk. Point ini menurut saya adalah point plus membuatnya beda dari seri kebanyakan.

*has-mag.com property*

Kedua adalah nasib apes saat ia sedang masuk ke isekai. Kalau biasanya orang dipanggil ke dunia lain sebagai pahlawan untuk melawan raja iblis. Rio tidak mendapatkan itu semua dan hanya merupakan bocah biasa yang hidup di daerah kumuh. Sebatang kara dan tanpa orang tua. Namun hal ini juga merupakan point negatif juga karena tidak ada penyebab jelas kenapa ingatan Haruto bisa Rio miliki.

Point ketiga adalah tujuan yang jelas dari tokoh utama. Meskipun Rio tidak di summon sebagai seorang pahlawan. Namun Rio yang hidup sebatang kara memiliki tujuan untuk membalaskan dendam atas ibunya. Karena ia melihat ibunya sendiri dibunuh oleh seseorang di depan matanya. Identitas mengenai orang tua Rio dan target balas dendamnya akan saya bahas dalam sesi spoiler.

Rio menggunakan ingatan Haruto sebagai alat untuk membalaskan dendam. Meskipun masih lama sekali dendam Rio akan terwujud. Karena target yang ia miliki cukup sulit untuk dikalahkan. Rio juga sempat galau bahwa sebenarnya ia Rio atau Haruto, karena ingatan Haruto hingga ia kuliah lebih banyak daripada Rio yang masih bocah. Namun Rio memutuskan untuk memeluk kedua ingatan tersebut dan menjadi pribadi yang baru. Karena ia hidup dalam dunia tempat Rio berada, akhirnya tujuran Rio lah yang menjadi prioritas. Tujuan Haruto sendiri sepertinya akan sulit tercapai karena ia sudah berada di dunia lain.

Keempat, adegan aksi yang cukup keren. Kalau kalian lihat, pertarungan Rio dengan lawannya cukup digambarkan dengan detail. Tidak seperti anime dengan budget minim dimana hanya mengalahkan musuh dengan satu kali serang. Itupun tidak ada prosesnya dan musuhnya langsung kalah. Namun dalam anime ini adegan pertarungan cukup tergambar dengan jelas. Paling tidak sekelas Arifureta tapi tanpa adanya CGI. Hal itu juga yang membuat saya salut dengan anime ini. Namun bisa saja sebenarnya anime ini menggunakan CGI namun saya tidak menyadarinya.

*Has-mag.com property*

Saya rasa point-point di atas cukup menonjol. Untuk kekurangan dari anime ini pastinya cerita yang terkesan agak cepat. Karena kita tidak mendapatkan pengenalan utuh atas karakter Rio dan Haruto, serta lingkungan tempat Rio hidup. Alih-alih malah kita hanya mendapatkan Rio yang dengan cepat beradaptasi dengan ingatan Haruto serta langsung munculnya konflik. Menurut saya terlalu cepat kalau konfliknya muncul seperti ini.

Hal lain yang akan saya jelaskan adalah alasan Rio mendapatkan interogasi secara brutal. Prajurit yang mendapatkan tugas untuk menjaga sang putri tidak ingin mereka disalahkan. Karena itulah mereka berniat untuk menjadikan Rio kambing hitam atas kejadian tersebut. Pelaku sesungguhnya masih belum diketahui karena ia telah meninggal akibat perbuatan dari dalang di balik insiden kali ini. Untungnya Rio berhasil selamat dan akan mendapatkan hadiah dari raja untuk episode berikutnya.

Saya pastinya akan menantikan episode sebelumnya. Karena saya telah membaca versi komik dan novel dari seri ini. Kejadian berikutnya telah saya ketahui dan berharap animenya mampu menayangkan adegan-adegan tersebut dengan baik. TMS entertainment, selaku studio yang bertanggung jawab membuat anime ini telah memiliki sejarah baik. Terutama saat pembuatan Dr. Stone, Re Life, dan Orange. Kalian bisa cek anime tersebut untuk melihat kinerja dari TMS Entertainment.

Skor saya untuk episode kali ini adalah 8/10. Saya cukup menyukai animasi dalam anime ini. Background juga cukup baik meskipun latar kotanya mirip isekai yang lain. Adegan pertarungan juga merupakan poin plus dalam anime ini. Meskipun tidak sedetail anime The God of HIghschool, namun actionnya cukup di atas rata-rata. Skor di MAL sendiri untuk seri ini cukup tinggi, 7,38/10 saat artikel ini saya buat. 

Sekian review Seirei Gensouki Episode 1 kali ini. Terima kasih sudah membaca review ini. Mohon bantuannya untuk share artikel ini ke teman-teman wibu kalian. Kalian yang ingin mengetahui beberapa spoiler bisa langsung menuju post spoiler.

*has-mag.com property*

 

Seirei Gensouki Home

Episode Selanjutnya–>

One Reply to “Seirei Gensouki Episode 1 Review”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *